Welcome to Cerita Sobrina

Monday, December 15, 2014

Penyakit Degeneratif


Penyakit Degeneratif adalah penyakit non infeksi yang disebabkan oleh menurunnya fungsi pada sel, jaringan dan organ, yang sejalan dengan bertambahnya usia manusia.  Kini penyakit ini sudah menyerang manusia yang berusia 40 tahunan.  Bahkan pada usia di bawah 40 tahun.  Dahulu penyakit ini mulai penyerang manusia pada usia 60 tahunan.  

Salah satu penyebab munculnya penyakit ini adalah pola makan yang tidak seimbang.  Para praktisi medis menyebutkan bahwa ada sekitar 50 jenis penyakit degeneratif. Penyakit yang termasuk dalam kelompok penyakit degeneratif antara lain diabetes melitus tipe 2, stroke, hipertensi, penyakit kardiovaskular, dislipidemia dan lain-lain.

Mensiasati Menghindarinya

Cara efektif menghindari berbagai penyakit secara umum adalah melakukan pola hidup sehat. Kebiasaan pola hidup sehat dimulai dari kebiasaan kecil.  Penyakit Degeneratif ini disiasati dengan 3 (tiga) pola, yaitu:

1.  Mengkonsumsi Makanan Tertentu, misalnya memakan minyak dari Biji Matahari, dan atau mencampurkan Tepung Beras Merah ke dalam sarapan pagi.  Kasus sembelit yang umum diderita orang diabetes, dapat diatasi dengan mengonsumsi biji bunga Matahari.  Biji bunga matahari yang umumnya dikemas dengan seratnya, dan merupakan sumber protein yang baik.  Biji Matahari tanpa garam, ia aman dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi.  Biji bunga matahari terbukti membantu menurunkan kolesterol.  Selain mengonsumsi biji bunga matahari, sebaiknya juga disertai makanan sehat lainnya.  Misalnya tepung beras merah.

2.  Berusaha Mengurangi Porsi Makanan.  Cara mudah melakukannya adalah dengan menggunakan piring yang lebih kecil, tetapi tidak tergoda untuk tambah makanan meski belum kenyang.

Penelitian membuktikan bahwa piring besar membuat cenderung makan lebih banyak.  Piring kecil adalah upaya mengontrol porsi makan.  Dengan demikian, ini menghindari kondisi gemuk, juga terhindar dari berbagai penyakit degeneratif. Obesitas menaikkan risiko menderita penyakit degeneratif.

3.  Berfikir Positif.  Fokus memikirkan hal negatif membuat seseorang merasa gelisah atau cemas.  Ini merugikan kesehatan seseorang.  Menghindari kecemasan dan kegelisahan (stres) dan tidak ada salahnya untuk berpikir positif, adalah salah satu pola hidup sehat.

4.  Berlatih pernafasan.  Teknik pernafasan ternyata mampu meredakan kecemasan.  Stres dapat memperburuk kondisi penyakit degeneratif. Meredakan kegelisahan, kecemasan, atau stres dapat dilakukan dengan teknik pernapasan. Teknik pernapasan tersebut dapat dilakukan dengan banyak cara, antara lain:

a. Tarik napas perlahan melalui hidung selama 4 hitungan.
b. Tahan selama 7 hitungan.
c. Buang napas melalui mulut selama 8 hitungan.
d.  Atau, tarik nafas perlahan lewat hidung sampai ke batas yang disanggupi tubuh, pada ujung batas tersebut lalu nafas dihembuskan perlahan melalui mulut.  Lakukan berulang-ulang selama 1 sampai lima menit, 2 (kali) dalam sehari (pagi dan sore hari).

No comments:

Post a Comment