Welcome to Cerita Sobrina

Thursday, November 4, 2010

pentingnya memilih sekolah tepat

PENTINGNYA MEMILIH SEKOLAH TEPAT
Bu sofi sedang bingung karena sebentar lagi anaknya akan bersekolah. Orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anak-anaknya. Mereka berharap sekolah yang dipilih bisa menjadi tempat mengembangkan potensi anak. Apalagi zaman sekarang ini pergaulan sudah tidak terkontrol. Pergaulan sekarang marak dengan hubungan bebas (seks bebas,tawuran,minuman keras,dll). Oleh sebab itu hal ini menjadi pikiran para orang tua agar keresahannya dapat teratasi. Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih sekolah yang tepat adalah mengetahui visi dan misi sekolah,kurikulum pembelajaran. Orang tua harus pintar dan teliti dalam memilih sekolah. Apalagi pendidikan agama dan akhlakul karimah yang diterapkan di sekolah. Sebab, melalui pendidikan agama dan akhlak maka pergaulan anak zaman ini akan terawasi. Selain itu kualitas guru harus diperhatikan karena itu mempengaruhi proses belajar anak.
Selain itu kualitas guru juga berpengaruh bagi terlaksananya pembelajaran. Keberhasilan proses pendidikan tidak dapat dilepaskan dari keberadaan guru. Guru tidak sekadar menyampaikan ilmu. Guru merupakan arsitek peradaban. Jika salah dalam mendidik, berarti ia telah salah dalam membentuk peradaban. Sarana dan prasarana pendidikan pun perlu diperhatikan karena mempengaruhi kelayakan sebuah sekolah. Kondisi lingkungan juga harus diperhatikan karena membuat anak merasa nyaman di sekolah. Lingkungan yang aman,bersih,dan terjamin menjadi sebuah kebutuhan.
Sekolah yang dipilih juga harus memiliki sejarah prestasi karena dengan sejarah prestasi maka terbukti bahwa sekolah berhasil mencetak murid berprestasi. Prestasi yang paling sederhana adalah masalah kelulusan murid-murid sekolah tersebut,jika murid sekolah tersebut dapat meraih kelulusan itu berarti seolah tersebut telah sukses mencetak murid berprestasi. Apalagi jika sekolah tersebut sering mengikuti lomba-lomba,maka sekolah itu telah sukses. Selain unggul akademik,diperlukan unggul dalam hubungan social di masyarakat.
Terakhir, "Ajarilah anak-anakmu, bukan dalam keadaan yang serupa denganmu. Didiklah dan persiapkanlah anak-anakmu untuk suatu zaman yang bukan zamanmu. Mereka akan hidup pada suatu zaman yang bukan zamanmu." (Ali bin Abi Thalib). Dengan demikian, cermat dalam memilih sekolah merupakan langkah awal dalam membentuk generasi mendatang.
Salah satu rujukan bagi orang tua adalah sekolah berbasis alam. Jadi murid diajak untuk belajar di alam sekitar,sehingga proses pembelajaran tidak membosankan dan membuat nyaman anak. Kelebihan dari sekolah alam adalah anak diajak untuk belajar di luar ruangan sehingga anak dapat memperhatikan lingkungan sekitar,menumbuhkan kepedulian terhadap sumber daya alam. Kegiatan yang biasa dilakukan di sekolah alam adalah :
Kehidupan air. Observasi air untuk mandi,minum,cuci tangan,membedakan air bersih dan kotor,dn memperhatikan air di sekitar lingkungan sekolah.
Pengolahan sampah,mengumpulkan sampah bekas untuk di daur ulang sehingga dapat dijadikan benda yang bermanfaat.
Jadi,para orang tua dapat mengarahkan anaknya agar mendapat pembelajaran secara baik dan nyaman. Apakah orang tua berminat???

SOBRINA FITRIYAH CH

No comments:

Post a Comment